Senin, 10 Oktober 2011

LA RENAISSANCE DU CLUB FRANÇAIS


Munculnya semangat kembali para punggawa departemen yang membawahi semua kegiatan mahasiswa bahasa Prancis baik pendidikan maupun sastra, Bahasa dan Sastra Asing, UNNES, telah memberikan warna yang baru. Sebuah topik yang diangkat sebagai pengobar semangat rekan-rekan pengurus Le Club Français (himpunan mahasiswa prodi bahasa Prancis) untuk memunculkan kembali kejayaan dan eksistensinya di lingkup jurusan maupun luar jurusan. Sesuai dengan namanya La Renaissance du Club Français yang disadur dari bahasa Prancis, La Renaissance berarti lahir kembali dan Le club Français berarti kumpulan mahasiswa bahasa Prancis. Lahirnya kembali semangat kebersamaan mahasiswa Prancis untuk menunjukkan lagi keberadaannya dari tidur panjang pada masa transisi kepengurusan Le Club Français.
Setelah mengenang sejarah Le Club Français dari awal berdirinya organisasi yang membawahi mahasiswa Prancis, yang mulanya bernama France Club (diambil dari bahasa Inggris) ini, sangat di sesalkan jika harus berhenti karena semangat yang telah mulai hilang untuk menjaga dan meneruskan perjuangan kakak angkatan yang terdahulu. Perjuangan yang telah dibangun sebagai wadah penuangan ekspresi mahasiswa Prancis dalam bidang akademik atau non akademik. Kiranya sangat ironis jika kita sebagai punggawa penerus tidak menjaga dan mengembangkan Le Club Français menjadi lebih baik. Berawal dari France Club yang dibentuk dan diprakarsai oleh alumnus Monseur Sunah Rowi dkk pada zamannya, dan harus berubah nama menjadi Le Club Français pada tahun 2010 karena dinilai kurang pas jika diambilkan dari bahasa Inggris, padahal kita mempelajari bahsa Prancis. Dari tahun ke tahun Le Club Français mengalami perkembangan dalam banyak hal. Contoh kecilnya adalah partisipasi dan antusiasme dosen Prancis sudah mulai besar, bahkan sekarang kaprodi kita Diah Fitri H, D.E.I telah mewajibkan mahasiswa baru untuk wajib mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Le Club Français.
Jelas sudah jika kita mengenang kejayaan dan perkembangan Le Club Français yang berawal dari nol menjadi seperti sekarang. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus CF harus memunculkan kembali semangat untuk menjaga dan mengembangkan CF dari tidur pulas. Sudah saatnya kita untuk membangun dan menata kembali elemen-elemen yang sempat terhenti menjadi organisasi yang mempunyai visi dan misi demi kelangsungan Le Club Français itu sendiri. Dari sinilah kita bisa menjalankan roda kepengurusan yang ada dan nantinya bisa diwariskan kepada punggawa-punggawa Le Club Français berikutnya.

EKO ROMANSAH 
Mahasiswa Sastra Prancis 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar