Rabu, 12 Oktober 2011

Marianne


comprennes
Marianne dalah salah satu dosen locuternatif  yang datang  dari Prancis khusus untuk mengajar kita, mahasiswa prodi bahasa Prancis. Tapi artikel ini lain, bukan menceritakan Mme. Marianne, tetapi Marianne yang lain.
Marianne adalah simbol Republik Perancis. Ia adalah figur kebebasan dan pertama kali muncul pada masa Revolusi Perancis. Penampilan awal Marianne adalah wanita yang mengenakan penutup kepala Phyrgia. Asal nama Marianne belum diketahui, tapi Marie-Anne adalah nama pertama yang umum pada abad ke-18. Pada saat itu Anti-revolusioner menyebutnya La Gueuse (Sang Pengumum). Dipercayai bahwa revolusioner dari Perancis Selatan menggunakan penutup kepala Phyrgia sebagai simbol kebebasan, yang juga telah dikenakan oleh budak yang merdeka di Yunani dan Roma. Pelaut dan penjahat Mediterania yang bekerja di dapur juga mengenakan penutup kepala sejenis.
Dibawah Republik Ketiga, patung Marianne mulai dibuat, umumnya di balai kota. Ia ditampilkan dalam berbagai bentuk, tergantung tujuannya. Sepanjang waktu, penutup kepala Phyrgia dianggap terlalu mencolok, dan digantikan oleh sebuah diadem atau mahkota. Dalam beberapa waktu belakangan, banyak wanita terkenal Prancis telah digunakan sebagai model untuk Marianne tersebut. Beberapa di antaranya adalah Sophie Marceau dan Laetitia Casta
                                                                                                                                                                Par: Ndu2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar